EKSPLORASI DAN INOVASI SUMBER PROTEIN UNTUK PENGUATAN SAINS DAN TEKNOLOGI
(Jember, 6-8 Juli 2012)

Potensi sumber alam penghasil pro-tein yang berasal dari Indonesia menjadi salah satu potensi utama dan perlu perhatian khusus dari berbagai bidang ilmu, termasuk kemungkinan eksplorasi atau dihasilkannya protein-protein baru melalui mekanisme atau metoda baru. Untuk mendukung hal tersebut, perkembangan bidang rekayasa protein di Indonesia merupakan tantangan yang menarik bagi para peneliti. Sehingga komunikasi dan kolaborasi secara nasional atau internasional di antara institut/lembaga/grup penelitian yang berfokus dalam penelitian rekayasa protein adalah sangat penting dalam mendukung perkembangan teknologi rekayasa protein khususnya di Indonesia. Bidang-bidang ilmu penunjang rekayasa protein di antaranya adalah kimia, mikrobiologi, genetik, bioinformatika dan komputasi.

Berbasiskan kepentingan terhadap pengembangan ilmu khususnya bidang rekayasa protein, maka Indonesian Protein Society (IPS) selaku suatu organisasi profesi yang mewadahi para pengajar, peneliti dan pemer-hati di bidang protein akan melakukan seminar nasional dan kongress dengan target untuk menyebarkan dan pertukaran berbagai infor-masi baik dari hasil penelitian, strategi dan pelaksanaan program yang berkaitan dengan bidang protein.

Ruang Lingkup

Ruang Lingkup keilmuan atau teknologi di bidang pertanian/pangan, kesehatan (kedokteran dan farmasi), industri / lingkungan serta berbagai ilmu rekayasa/teknik yang berkaitan dengan protein.

TUJUAN

1. Menghimpun berbagai informasi dari berba-gai pihak sehingga anggota IPS dapat saling bertukar wawasan tentang perkem-bangan penelitian dan teknologi yang ber-kaitan dengan bidang protein
2. Menyamakan persepsi tentang pengembangan bidang protein dan penerapannya yang selalu berkembang di masyarakat Indonesia dan Internasional agar bisa sebagai patokan untuk memberikan sumbangan pemikiran kepada pemerintah dan masyarakat
3. Membahas penataan organisasi IPS (Indonesian Protein Society)

PESERTA

Seminar dan Kongres IPS dibatasi untuk 300 orang dari seluruh wilayah Indonesia meliputi Peneliti / Dosen (instansi negeri dan swasta, Mahasiswa S1-S3, Kalangan Industri, Pemerintah Daerah, Pemerhati yang berkompeten terhadap bidang Pangan, Pertanian, Kedokteran, Farmasi, Kesehatan dan berbagai ilmu rekayasa/teknik yang berkaitan dengan protein atau life-sciences.

Pembicara

Panitia akan mengundang sebagai Invited Speaker dan pembicara tamu baik yang berasal dari dalam dan luar negeri yang berasal dari lembaga riset dan perguruan tinggi, sebagai berikut :
1. Prof. Yuji Goto (Osaka University, Japan)
2. Prof. Tomohiko Yamazaki (National Institute for Materials Science, Japan)
3. Prof. Teruna Siahaan (Kansas University, US)
4. Prof. Nico Tjandra (NIH, US)
5. Prof. Dr. Maggy Thenawidjaja Suhartono (IPB, Indonesia)
6. Prof. Ir. Bambang Sugiharto, M.Agr.Sc. (UNEJ, Indonesia)

Selain pembicara undangan, akan dilakukan sesi-sesi oral dan poster berdasar kelompok bidang ilmu pertanian/pangan, kesehatan/farmasi, industri/lingkungan serta berbagai ilmu rekayasa/teknik yang berkaitan.

 

Unduh brosur di sini


Leave a Reply